A. Identitas obyek yang observasi
1. Nama dan alamat Sekolah

2. Kelas yang diobservasi (jenjang kelas, tata ruang kelas, pajangan yang ada di kelas, dan komposisi siswa di kelas).
Setelah merundingkan siapa dan kebagian kelas apa, saya mendapat bagian kelas 3, tata ruang kelas 3 sangat baik, bersih dan representatif. Untuk pajangan sendiri, karena kondisi ruangan yang baru saja selesai di renovasi jadi pajangan belum tertata rapi, tetapi setelah saya berkonsultasi dengan guru kelas, untuk pajangan sendiri sebenarnya banyak, akan tetapi karena kondisi ruangan yang baru saja direnovasi sehingga belum terpasang.
Jumlah siswa sendiri ada sekitar 38 anak, diantaranya 17 murid laki-laki dan 21 murid perempuan. Dalam kelas yang saya observasi ada 2 murid yang mengalami cacat atau dengan kata lain tidak sama dengan murid yang lain. Satu diantaranya mengalami semacam kaki yang pincang dan yang satunya mengalami cacat pada matanya, yaitu tidak melihat jauh, jadi apabila saat sedang mengerjakan soal atau menulis, dia mengalami kesulitan dalam menulis dan membaca.

3. Guru (identitas guru, bisa dilengkapi alumni dan lama/pengalaman mengajar)
Nama : TITI WARSITI A.Ma.Pd
TMT Capeg : 1 Mei 1984
TMT Penegrian : 1 Oktober 1986
Alamat : Karangsoka,Rt/Rw 02 / 02
Masa Kerja : 23 tahun 10 bulan
Sekolah Keguruaan : KPGN Purwokerto Jurusan Guru SD tahun 1983
UT D2 Jurusan FKIP tahun 1996
UT S1 Jurusan FKIP tahun 2007

B. Materi / Persiapan Pembelajaran PKn
1. SK KD dan Sumber Bahan yang digunakan (buku-buku dan LKS)
SK yang digunakan pada saat saya melakukan observasi adalah Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, dan KD yang saya gunakan pada saat observasi adalah mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam dan keramah tamahan. Sedangkan buku yang digunakan adalah buku pendidikan kewarganegaraan ( Slamet, Tijan Dkk) penerbit pusat perbukuan departemen pendidikan.
2. Tema / materi pelajaran (yang diajarkan saat diobservasi)
Tema pada hari pertama adalah kegemaran, sedangkan materi yang yang disajikan adalah tentang Kekayaan Alam. Yaitu tentang sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Sedangkan untuk hari kedua observasi adalah masih tentang kegemaran sedangkan materi yang disajikan adalah tentang kebhinekaan yaitu tentang sumpah pemuda, macam-macam tari-tarian, rumah adat dsb.
3. Media yang dipergunakan (sebelum dan sesudah konsultasi)
Media pembelajaran merupakan suatu alat yang tidak bisa dipisahkan dari materi ajar, oleh sebab itu peran media sangat penting dalam pembelajaran. Untuk media kelas 3 di SDN 03 linggasari sebelum ada observasi adalah gambar-gambar pertanian, gambar batu-bara, gambar hutan dsb yang menggambarkan tentang kekayaan alam di Indonesia yang tidak dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Sedangkan setelah ada observasi adalah maket rumah adat, gambar macam-macam pakaian adat dan tari-tarian yang ada di Indonesia yang melambangakan tentang kebhinekaan. Yaitu berbeda-beda tetapi tetap satu jua.
C. Proses Pembelajaran PKn
1. Pembelajaran PKn sebelum ada konsultasi
Hari pertama saya masuk ke dalam kelas 3 SDN 03 linggasari ini sungguh kagum dengan sambutan yang diberikan anak-anak. Ketika saya diajak masuk ke dalam kelas oleh Ibu Titi, anak-anak langsung memberikan salam kepada saya. Kemudian saya disuruh memperkenalkan diri kepada anak-anak dan maksud tujuannya ke SD ini. Setelah itu kemudian saya duduk di belakang sendiri untuk mengamati proses pembelajaran. Dari hasil pengamatan tersebut tentang media yang digunakan oleh guru kelas dan metode penyampaianya adalah sebagai berikut.
Metode:
Tema pada hari itu adalah kegemaran, sedangkan materi yang yang disajikan adalah tentang Kekayaan Alam. Begitu guru memberikan apersepsinya, kemudian guru bercerita tentang kekayaan alam yang ada di Indonesia. Guru menceritakan macam-macam sumberdaya alam yang ada yaitu yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Sambil menerangkan guru juga memperlihatkan gambar-gambar tentang hasil pertanian, gambar hutan dan gambar batu bara sebagai contoh hasil dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Kemudian menjelaskan macam-macam sumber daya alam yang dapat diperbaharui meliputi tanaman, hewan, tanah, air dan udara, setelas itu memberikan contoh dari masing-masing sumberdaya alam yang dapat diperbarui. Siswa juga sangat aktif dengan ikut memberikan contoh-contoh yang ada disekitar mereka, misal :
“ hayoo, siapa yang tahu macam-macam tanaman” tanya guru.
“ perkebunan, hutan, pertanian dan tanaman hias “ jawab anak-anak.
“ sebutkan contoh-contoh perkebunan, Very” tanya guru.
“ eeee, ( berfikir sejenak ) kelapa sawit” jawabnya.
Setelah itu anak-anak yang lain juga memberikan contoh seperti karet, dll.
Kemudian guru juga memberikan contoh yang lain. Dan diteruskan dengan menceritakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui diantaranya adalah minyak bumi dan pertambangan. Dan karena menyangkut minyak bumi dan pertambangan, siswa banyak yang belum tahu apa saja yang dihasilkan oleh minyak bumi. Akan tetapi setelah guru menjelaskan banyak siswa yang tahu akan fungsi-fungsinya seperti avtur digunakan sebagai bahan bakar pesawat terbang, bensin sebagai bahan bakar kendaraan bemotor dll.
Media:
Media yang digunakan dalam pembelajaran materi tersebut adalah gambar-gambar tentang gambar-gambar tentang hasil pertanian, gambar hutan dan gambar batu bara sebagai contoh hasil dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui.
Evaluasi:
Evaluasi yang digunakan adalah silang kata, yaitu mencari jawaban yang ada disamping soal dan kemudian siswa disuruh untuk membuat garis yang sesuai dengan pertanyaan. Setelah itu tugas kelompok tentang pengertian sumber daya alam, jenis-jenisnya dan fungsinya. Soal terlampir dibawah.
2. Pembelajaran setelah ada konsultasi
Metode:
Seperti observasi sebelumnya, setelah Ibu Titi melakukan apersepsinya kemudian Ibu Titi menyuruh anak untuk menyanyikan lagu dari sabang sampai merauke yang menggambarkan wilayah Indonesia dari sabang sampai merauke yang menjadi satu. Setelah itu Ibu Titi menceritakan tentang kekhasan bangsa indonesia yang gotong-royong, ramah-tamah dll. Kemudian dari penjelasan itu guru menjelaskan kalau itu semua merupakan bentuk dari “Bhineka Tunggal Ika”. Kemudian guru memberikan menceritakan tentang macam-macam suku, kebudayaan daerah dan hasil kerajinan yang ada di Indonesia.

Media:
Media yang digunakan adalah gambar rumah adat, Maket rumah adat, gambar tari-tarian daerah dan asal tarian daerah.
Cara memanfaatkan media dalam proses pembelajaran yang dilakukan oelah ibu Titi adalah untuk menjelaskan tentang pentingnya kebhinekaan dan persatuan. Dengan berbagai kebudayaan yang dimiliki oleh Negara Indonesia maka kita harus menyatukan Indonesia. Caranya adalah denngan memperlihatkan media tersebut kepada anak-anak dan guru sambil menerangkan media tersebut kepada siswa. Kemudian Ibu Titi menyuruh beberapa anak untuk maju kedepan dan mengamati media tersebut. dan yang di tunjuk oleh ibu Titi adalah anak yang belum faham akan media tersebut.
Manfaat media adalah untuk memperlancar proses pembelajaran dan memperlihatkan suatu bentuk 2Dimensi dan Bentuk 3Dimensi dari suatu materi yang akan diajarkan kepada siswa agar siswa dapat memahami dan mengerti dengan baik tentang makna dari materi yang diajarkan.
Evaluasi :
Evasluasi juga menggunakan permainan berupa tebak gambar dan silang kata ( soal terlampir di bawah ). Yaitu siswa disuruh untuk maju dan menebak gambar tarian daerah yang ada dan menuliskanya di papan tulis.

a) Media yang dibuat / digunakan
b) Cara memanfaatkan media
c) Manfaat media

D. Kesimpulan

Dari hasil Observasi yang saya lakukan terhadap kelas 3 SDN 03 Linggasari bahwa sekolahan tersebut sudah mempunyai media untuk proses pembelajaran terutama pembelajaran PKn. Hanya saja untuk tata ruang kelas seperti gambar-gambar atau maket-maket belum terpasang oleh sekolah karena keadaan sekolah yang masih baru.
Kegunaan media bagi murid kelas 3 sangat penting, oleh karena itu Ibu Titi sangat mementingkan media dalam proses pembelajarannya. Karena media merupakan suatu bentuk 2Dimensi dan 3Dimensi dari suatu materi ajar.

E. Lampiran-lampiran
1. Surat Pernyataan (berisi identitas mhs dan pernyataan bahwa laporan ini adalah hasil karya sendiri, bukan dibuatkan orang lain serta bukan hasil menjiplak atau modifikasi hasil karya orang lain, serta tidak digunakan sebagai tempat observasi mahasiswa lain).

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Zauhar Efendhi
NIM : 0801100037
Semester/Kelas : IV / PGSD C

Menyatakan bahwa hasil laporan yang saya buat adalah BUATAN SAYA SENDIRI DAN BUKAN BUATAN ORANG LAIN. Dengan bantuan dari berbagai pihak yang telah membantu saya dalam menyusun laporan ini terutama kepada SDN 03 Linggasari Kecamatan Kembaran.

Yang bertanda tangan

2. Foto-foto (jika ada dan hanya yang terkait dengan pembelajaran PKn )

Foto Maket Rumah Adat ( Joglo dan tari-tarian adat dalam bentuk Permaianannya)